Pengertian Pondasi Bangunan

By | Mei 10, 2021

pengertian pondasi bangunanPengertian Pondasi Bangunan

Pengertian Pondasi bangunan adalah kontruksi yang paling terpenting pada suatu bangunan. Karena Pondasi berfungsi sebagai “penahan seluruh beban yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar”. Pondasi merupakan bagian dari struktur yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung dibawahnya.

Dalam struktur apapun, beban yang terjadi baik yang disebabkan oleh berat sendiri ataupun akibat beban rencana harus disalurkan ke dalam suatu lapisan pendukung dalam hal ini adalah tanah yang ada di bawah struktur tersebut.

Beton bertulang adalah material yang paling cocok sebagai pondasi untuk struktur beton bertulang maupun bangunan baja, jembatan, menara, dan struktur lainnya. Beban dari kolom yang bekerja pada fondasi ini harus disebar ke permukaan tanah yang cukup luas sehingga tanah dapat memikul beban dengan aman. Jika tegangan tekan melebihi tekanan yang diizinkan, maka dapat menggunakan bantuan tiang pancang untuk membantu memikul tegangan tekan pada dinding dan kolom pada struktur.

Syarat-syarat umum dari pondasi bangunan

Dengan memperhatikan faktor-faktor dalam pemilihan tipe fondasi terdapat juga Syarat-syarat umum dari fondasi yaitu:

  • Kedalaman harus memadai untuk menghindarkan pergerakan tanah lateral dari bawah fondasi khususnya untuk fondasi telapak dan fondasi rakit.
  • Kedalaman harus berada dibawah daerah perubahan volume musiman yang disebabkan oleh pembekuan, pencairan dan pertumbuhan tanaman.
  • Sistem harus aman terhadap penggulingan, rotasi, penggelinciran atau pergeseran tanah.
  • Aman terhadap korosi atau kerusakan yang disebabkan oleh bahan berbahaya yang terdapat di dalam tanah.
  • Sistem harus mampu beradaptasi terhadap beberapa perubahan geometri konstruksi atau lapangan selama proses pelaksanaan perlu dilakukan.
  • Metode pemasangan harus seekonomis mungkin.
  • Pergerakan tanah keseluruhan dan pergerakan diferensial harus dapat ditolerir dan elemen fondasi dan elemen bangunan atas.
  • Fondasi dan konstruksinya harus memenuhi syarat standar untuk perlindungan lingkungan.

Pondasi berdasarkan daya dukung tanah

  • Bila tanah keras terletak pada permukaan tanah atau 2-3 meter di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah fondasi dangkal. (misal: fondasi jalur, fondasi telapak atau fondasi strauss).
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman sekitar 10 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah fondasi tiang minipile, fondasi sumuran atau fondasi bored pile.
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman 20 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah fondasi tiang pancang atau fondasi bored pile.

Demikianlah pengertian Pondasi Bangunan semoga bermanfaat.

Anda membutuhkan Jasa Strauss Pile Bore Pile, kami dari Jaya Mulya Mandiri penyedia jasa strauss pile dan bore pile berpengalaman. Kami telah berpengalaman dan merintis bidang pengeboran sejak tahun 2009. Sumardi Bore Pile menyediakan alat pengeboran dari manual sampai menggunakan mesin. untuk ukuran bermacam-macam, kami siap melayani sesuai dengan kebutuhan owner proyek.

Kami siap bekerjasama dengan siapapun dengan memberi harga yang spesial dari pada yang lainnya, karena kami telah memiliki alat mesin milik sendiri.

Silahkan hubungi kami di  :

Alamat : Dusun Manggihan RT 09 RW 03 Desa Sambung, Kec. Godong Kab. Grobogan
No Telp : 085216571393
Email : bapaksumadi36@gmail.com

6 thoughts on “Pengertian Pondasi Bangunan

  1. Pingback: Bermacam Jenis-Jenis Pondasi Bangunan Yang Harus Anda Ketahui - Jaya Mulya Mandiri

  2. Pingback: Alur Kerja Bore Pile Di Sumadi Bore Pile - Sumadi Bore Pile

  3. Pingback: Jasa Strauss Pile Bore Pile Semarang - Sumadi Bore Pile

  4. Pingback: Jasa Strauss Pile Bore Pile Jogja - Sumadi Bore Pile

  5. Pingback: Jasa Strauss Pile Bore Pile Bandung - Sumadi Bore Pile

  6. Pingback: Jasa Strauss Pile Bore Pile Jakarta - Sumadi Bore Pile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *